Manfaat Singkong Sebagai Bahan Industri

Jangan sepelekan singkong! Ternyata dari tanaman singkong banyak sekali manfaatnya, mulai dari daunnya, sebagai bahan sayuran bagi manusia maupun hewan serta bahan farmasi, batangnya bisa dijadikan bahan kerajinan, bahan baku perngisi tripleks, kulit umbinya ternyata bisa diproses sebagai bahan pangan. Nah kalau umbinya sendiri tentu anda semua sudah tidak asing lagi karena ada ratusan jenis makanan lainnya yang bisa diolah dengan bahan singkong ini . Disamping sebagai bahan makanan secara langsung dalam pengertian tentunya tidak dimakan mentah, tetapi diolah dulu, karena singkong atau ketela pohon ini mengandung HCN atau asam sianida yang bisa mematikan!. Kadar tiap singkong berbeda-beda, ada yang besar (lebih 50 %) ada yang sangat kecil (kurang dari 5 %).
Nah fokus yang akan penulis uraikan di sini adalah singkong sebagai bahan baku industri terutama untuk bahan kimia dan energi serta singkong untuk ekspor
1. Singkong diawetkan dengan jalan dikeringkan di bawah terik matahari menjadi produk yang dikenal dengan nama “GAPLEK” dari gaplek ini bisa dijadikan bahan baku pembuatan bioetanol setelah mengalami berbagai tingkatan pengolahan, mulai dari penepungan, perebusan, fermentasi, distilasi hingga pemurnian sehinga diperoleh bioetanol siap pakai untuk berbagai keperluan industri dan farmasi. bahan kimia selain bioetanol juga asam cuka, asam laktat, palmitat dan masih banyak bahan kimia lainnya yang bisa diproduksi dari bahan baku singkong ini.
2. Singkong dibuat Chip (potongan kecil-kecil kemudian dikeringkan seperti membuat gaplek tadi. Konon  kabarnya beberapa negara membutuhkan chip singkong ini dari Indonesia, jadi dalam hal ini ada peluang ekspor chip singkong.
3. Ampas singkong yang banyak mengandung selulosa bisa dijadikan bahan campuran pembuatan pelet ikan dan burung.
4. Dalam pembuatan bioetanal seperti yang diuraikan di no 1 tadi, selain dari bahan gaplek  juga singkong segar (tidak perlu dikeringkan terlebih dahulu).
5. Pati singkong (tapioka) bisa dijadikan banyak produk bahan pangan maupun industri.
6. Limbah cair  pengolahan singkong bisa dijadikan bahan baku pembuatan biogas
Nah, dahsdyat bukan manfaat dari singkong ini yang konon berasal dari Brasilia dan masuk ke Indonesia sekitar abad ke 18 jadi pada Jaman Majapahit di Bumi Nusantara ini belum ada tanaman singkong.

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms: